Select Page

Sphere – Bola Asing

Penulis: Michael Crichton
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 544 hlm
ISBN: 978-979-22-8629-8


Sinopsis


Di kedalaman Samudra Pasifik, tiga ratus meter di bawah permukaan air, sebuah kapal yang mahabesar ditemukan karam. Segera sekelompok ilmuwan Amerika diturunkan bersama ke dalam lautan untuk menyelidiki penemuan yang menakjubkan ini.

Apa yang mereka temukan ternyata menyimpang dari bayangan mereka dan membangkitkan rasa ingin tahu mereka untuk menemukan penjelasan yang masuk akal. Benda itu pesawat angkasa luar dengan ukuran luar biasa; sama sekali tidak mengalami kerusakan walaupun telah terjatuh dari langit. Dan, yang paling mengejutkan, benda ini paling tidak berasal dari masa tiga ratus tahun yang akan datang….


Damnn!! Sci-fi, Thriller, and Mystery. What’s better than that?! Yaa, kurang lebih seperti itulah reaksi gue saat membaca ini. Novel ini gue beli sih sewaktu ada obral buku Gramedia gitu, dan ketika baca sinopsisnya dan liat kalau penulisnya adalah Michael Crichton, gue tertarik banget buat baca ini dan gue beli. Hampir 500 halaman gue selesaikan dua harian karena gue ga bisa lepas dari novel ini.

Novel karangan Michael Crichton ini ternyata pertama kali diterbitkan pada 1987, tepat sebelum ia membuat Jurassic Park pada 1990, dan ternyata usia dari kisah ini lebih tua dari gue sendiri, haha. Terlebih lagi, ternyata novel ini juga sudah diangkat menjadi film pada tahun 1998.

Well, cerita dimulai dengan “Undangan” mungkin kalau bisa gue bilang, atau lebih tepat Panggilan Tugas kepada Norman Johnson, seorang Psikolog, untuk datang ke Samudra Pasifik. Norman yang biasanya dipanggil pada saat terjadi kecelakaan pesawat pun mengira bahwa ia diundang ke Samudra Pasifik untuk melakukan tugas seperti biasa, menangani kondisi mental para korban yang selamat. Namun ternyata, ketika tiba di Lokasi, Norman diberi tahu bahwa ini bukanlah kecelakaan pesawat biasa. Tetapi, Angkatan Laut telah menemukan sebuah Pesawat Antariksa yang telah berusia kurang lebih sekitar 300 tahun terkubur sedalam 300 meter dibawah permukaan laut.

Norman beberapa tahun sebelumnya, pernah diminta untuk memberi rekomendasi untuk persiapan untuk berhubungan dengan makhluk asing. Norman merekomendasikan beberapa Tim untuk itu yang terdiri dair berbagai ahli, yakni ahli fisika perbintangan/geologi planet, zoologi/biokimia, matematika/logika, biologi kelautan/biokimia, dan seorang psikolog. Dan kini, Tim tersebut dipertemukan di tempat ini untuk menyelidiki pesawat yang diyakini pesawat alien tersebut.

Selanjutnya bisa kalian baca sendiri aja ya, hehe, kan ga seru kalau gue ceritain semuanya. Kenapa? karena di buku ini terdapat banyak misteri-misteri yang tak terduga, kejutan demi kejutan yang akan membuat kamu tidak bisa berhenti membacanya. Jalan cerita disusun sedemikian rupa hingga perkenalan tokoh dan perkenalan cerita nya bisa dimengerti dengan mudah. Namun cara membangun suasana di beberapa bagian terlihat kurang menarik karena bagian yang penting tiba-tiba muncul begitu saja.

Tetapi, salah satu hal terbaik dari buku ini adalah bagaimana buku ini benar-benar menerapkan Ilmu-ilmu fisika, perbintangan, psikolog, dan lainnya yang bisa menambah pengetahuan kita. Beberapa di antaranya adalah Teori Ruang-Waktu, Black Hole, persamaan Drake, dan beberapa teori pendukung teknologi yang diterapkan di bawah air. Bagaimana sebuah habitat yang layak ditinggali jika berada 300 meter dibawah permukaan laut, bagaimana penerapan oksigen di tekanan tinggi jika berada di kedalaman itu. Semua itu benar-benar dijelaskan dengan baik dan diterapkan dengan baik di buku ini.

-Update- Nah, setelah gue tonton filmnya, ya jujur filmnya masih kurang dibanding novelnya. Entah karena harapan gue mengenai filmnya yang terlalu tinggi, gue ga tau juga, tapi bayangan gue hampir berbeda dengan di Film 😀 Ditambah lagi scene yang diangkat ke film terlalu banyak yang disingkat sehingga pasti akan agak bingung kalau ga baca novelnya dulu. Tapi untuk film tahun 1990an, ini udah bisa dikatakan bagus deh.

Overall, Novel ini benar-benar mengagumkan. Mulai dari ide ceritanya, bagaimana kejutan dan misteri yang tak diduga, dan hal menakjubkan lainnya. Gue kasih nilai sempurna deh buat novel ini! haha Novel ini recommended banget buat kalian penggemar Science Fiction. Dan satu lagi, rasanya buat kalian yang tertarik, gue saranin jangan nonton Filmnya dulu baru baca novel ya! Kan ga asik kalau dah tau ceritanya. haha

Free WordPress Themes, Free Android Games