Select Page

Dunia Cecilia

Penulis: Jostein Gaarder
Penerbit: Mizan
Halaman: 209 hlm
ISBN: 978-979-433-886-5


Sinopsis


Malam Natal tahun ini sungguh menyedihkan bagi Cecilia. Ia sakit keras dan mungkin tak akan pernah sembuh. Cecilia marah dan menganggap Tuhan tak adil.

Namun, terjadilah keajaiban. Seorang malaikat—Ariel namanya—mengunjungi Cecilia. Mereka berdua kemudian membuat perjanjian. Cecilia harus memberitahukan seperti apa rasanya menjadi manusia dan Malaikat Ariel akan memberitahunya seperti apa surga itu.

Buku ini memenangi Norwegian Bookseller Prize dan diadaptasi ke dalam film yang juga memenangi Amanda Award, anugerah tertinggi Norwegia pada tahun 2009.


Novel kedua dari Jostein Gaarder yang gue baca. Sebelumnya ada novel berjudul Dunia Anna yang juga udah gue review. Novel ini gue beli barengan sama Dunia Shopie juga, jadi ntar juga bakalan ada review Dunia Shopie dari gue deh. Cuma ya karena tebalnya sekitar 800an halaman dan itu ada di list berikut-berikutnya yang gue baca, mungkin masih agak lama yak. Haha Oh iya, So far, Jostein Gaarder ini termasuk kedalam list penulis favorit gue loh. Karena ia merupakan seorang yang bisa menjelajahi rasa heran manusia dalam bentuk novel yang benar benar mengagumkan.

Balik lagi ke novel ini, sebelumnya Novel ini pernah diterbitkan dengan judul Cecilia dan Malaikat Ariel juga sih katanya. Isinya sama aja, yakni menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Cecilia yang menderika sakit parah. Saat itu malam Natal dan Cecilia hanya bisa berada di kamarnya karena sakit tersebut. Ia sebenarnya merasa marah pada Tuhan karena menganggap-Nya tak adil.

Nah, lalu ada malaikat yang datang menemaninya melewati malam Natalnya dan malam-malam berikutnya, kedua makhluk ciptaan Tuhan ini kemudian membuat sebuah perjanjian dimana mereka saling menceritakan dunia masing-masing. Cecilia akan memberitahukan hal-hal duniawi, serta sang Malaikat—Ariel— akan memberitahukan rahasia surgawi.

Jostein Gaarder benar-benar mengagumkan dalam hal penulisannya serta pemilihan sudut pandangnya. Ditambah ia selalu melihat dari sisi seorang anak. Novel mengagumkan ini akan mengungkapkan banyak pelajaran hidup yang bisa diambil. Serta Novel ini juga akan membuka pikiran kalian tentang hal-hal yang tidak pernah kalian pikirkan sebelumnya. Tentang bagaimana kita bisa merasakan sesuatu, melihat, meraba, mendengar, melihat, memikirkan sesuatu dan melupakannya dalam waktu singkat, merasakan sakit, dan banyak hal lainnya. Sejauh ini, gue masih gak menemukan sesuatu yang negative pada Novel ini sih, atau ini karena novelnya benar-benar bisa membawa gue tenggelam dalam imajinasi gue ketika membacanya? Hmm, probably.

Well, this book deserve my 4,5 stars as i can’t find it weaknesses. Oh iya, sebenarnya ada satu hal yang agak bikin gue kurang ngerti sih, yakni karena ini menceritakan dari segi pemahaman agama yang gak gue anut, jadi harus bisa menyesuaikan diri dan tidak terbawa ke keyakinan gue ya. Novel ini Recommended banget buat kalian yang ingin mengetahui tentang kehidupan ini, juga untuk kalian yang selalu penasaran akan sesuatu. Selain itu, kalian juga harus membaca Dunia Anna yak supaya lebih lengkap kekaguman kalian pada this Awesome Writer! Thanks 🙂

Free WordPress Themes, Free Android Games