Review Defending Jacob by William Landay

Defending Jacob

Penulis: William Landay
Penerbit: Elex Media Komputindo
Halaman: 484 hlm
ISBN: 9786020451558

SPOILER ALERT!


Sinopsis


Andy Barber adalah seorang asisten jaksa wilayah di pinggiran Massachusetts selama lebih dari dua puluh tahun. Dia dihormati, hebat di ruang persidangan, dan hidup bahagia dengan Laurie, istrinya, juga Jacob, anaknya. Namun ketika sebuah peristiwa pembunuhan terjadi di taman Cold Spring, di dekat rumah mereka, hidup keluarga Andy pun berubah. Jacob dituduh sebagai pembunuh. Sebagai seorang ayah, naluri untuk membela putranya terus berkobar dalam diri Andy. Dia melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan putranya, karena dia tahu bahwa Jacob tidak bersalah. Dia percaya pada putranya. Persidangan terus berlanjut, dan dampaknya memengaruhi kehidupan keluarga Barber. Fakta tersembunyi yang telah lama dikubur Andy malah terkuak, bahkan mengancam rumah tangganya.


William Landay adalah salah satu penulis Amerika dengan latar belakang Hukum. Novel Defending Jacob adalah crime novel dan salah satu karya terbaik-nya yang memiliki alur cerita dan latar belakang hukum. Defending Jacob bercerita dari sudut pandang Andy Barber, seorang Asisten Pertama Jaksa Wilayah. Kehidupan Andy adalah impian banyak orang karena ke-mapan-annya. Ia dihormati, memiliki keluarga kecil yang bahagia, serta terkenal dalam ruangan persidangan.

Semua itu berjalan dengan sangat baik hingga satu hari yang mengguncang seluruh kota. Ben Rifkins ditemukan meninggal di Cold Spring Park, kota Newton. Sebagai seorang Asisten Pertama Kejaksaan, Andy termasuk salah satu orang pertama yang dihubungi dan memiliki wewenang dalam investigasi. Semuanya berjalan seperti Investigasi Andy yang lain hingga suatu bukti mengarahkan meninggalnya Ben Rifkins yakni karena anaknya sendiri, Jacob.

Novel ini secara keseluruhan dan umum memiliki dasar cerita mengenai kekalutan keluarga. Kisah keluarga bahagia yang terguncang akibat tuduhan pembunuhan terhadap anak mereka. Kisah bagaimana orang tua menempatkan diri mereka disaat-saat kritis akan retaknya kebahagian keluarga. Kisah bagaimana mudahnya seseorang dialihkan akan suatu kebenaran yang pahit tentang orang yang disayangi.

Penulisannya berciri khas buku-buku translasi lainnya, namun cukup baik sehingga tidak terlalu sulit untuk mengerti alur cerita. Selain itu setiap istilah asing maupun kata ilmiah diberikan pengertian pada catatan kaki yang juga mempermudah pembaca mengerti konteks pembicaraan tokoh dalam cerita. Jadi jangan khawatir untuk memahami percakapan ataupun narasi tertentu dalam novel ini. Untuk alur cerita, novel ini menggunakan alur maju-mundur namun masih jelas sehingga tidak terlalu sulit untuk dimengerti.

Yang sangat menarik dari cerita ini adalah bagaimana twist dari setiap kejadian yang benar-benar tidak terduga. Ending yang tidak akan mudah untuk diduga mengingat rangkaian cerita awal. Bahkan saat penyelesaian masalah beberapa bagian cerita, saya sampai berpikiran “Hah? Seriusan ini endingnya kaya begini?!”. Emosi pembaca benar-benar dinaik-turunkan. Namun tentu saja ada beberapa bagian yang menurut saya pribadi terkesan kurang memuaskan. Penyelesaian masalah yang terkesan mendadak dan menimbulkan kesan “Kok udah selesai aja?”.

Akhirnya, novel ini benar-benar direkomendasikan untuk dibaca tentu saja! Rating pribadi saya 4,5 out of 5. Ide cerita yang unik, bagaimana penulis menggambarkan setiap situasi juga sangat baik, dan tentu saja twist yang tidak diduga menjadi nilai plus. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply